Tawazun ( Seimbang )

Tawazun yang artinya seimbang antara dunia dan akhirat. kita sebagai makhluk hidup di muka bumi ini harus menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. ada waktunya kita fokus akan dunia dan ada waktunya pula kita fokus akan akhirat.

Berikut ini ialah aspek aspek yang penting untuk diseimbangkan :

  • Aspek jasmani

Kita sebagai manusia perlu memperlakukan jasmani dengan seimbang. karena, jasmani kita harus sehat dan seimbang. salah satu cara untuk menyeimbangkan jasmani kita yaitu dengan berolahraga dan mempunyai pola hidup yang sehat.

  • Aspek akal

Dengan akal, kita menjadi tahu mana yang baik dan mana yag buruk, mana yang benar dan mana yang salah. salah satu cara untuk menyeimbangkan akal kita yaitu dengan menuntut ilmu.

  • Aspek rohani

Aspek ini sangat penting bagi kita untuk menentramkan hati agar menjadi tenang. salah satu cara untuk menentramkan hati kita yaitu dengan berdzikir kepada Allah dan senatiasa beribadah kepada Allah.

namun apabila kita mendahulukan untuk ibadah kepada Allah, niscaya maka Allah akan mengatur hidup kita agar seimbang dan lancar. mengapa kehidupan harus berjalan secara seimbang? karena telah dijelaskan dalam Al-qur’an bahwa hablum minallah dan hablum minannaas.

kedudukan kita di masyarakat lebih mulia daripada beribadah terus menerus. kita juga perlu memerhatikan lingkungan kita juga.

  maka dari ketiga aspek itu, Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk menyeimbangkan terhadap ketiganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *