Keutamaan Bersabar

Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalan kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah:153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong. Allah juga menjanjikan kedudukan yang tinggi (di surga) bagi hamba-hambanya yang bersabar. Seperti firman Allah dalam QS Al-Furqaan:75
“Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.

salah satu suri tauladan yang patut kita contohi kesabarannya yaitu Nabi Ayyub a.s. Nabi Ayyub a.s telah diuji berbagai cobaan yang berat. ia jatuh miskin, ditinggal istrinya, anak anaknya telah tiada, ditimpa sakit kulit yang parah, dikucilkan oleh masyarakat, dll. tetapi, ia tetap bersyukur kepada Allah. ia tetap beribadah dan berdzikir terus menerus. sehingga, ia sembuh dari penyakitnya dan cobaannya pun menghilang.

kita seharusnya senatiasa bersabar saat diuji oleh Allah. cobaan yang dialami oleh kita merupakan salah satu bentuk kecintaan Allah terhadap kita sebagai hamba-Nya.

“sabar itu tak ada batasnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *